Resensi Buku Kompeten Berbahasa Indonesia Jilid 3 untuk SMA kelas XII

yo, post sebelumnya gua udah kasih contoh kritik cerpen, kali ini gua mau share contoh meresensi buku. check this out 👇 

          Judul Buku:
                                  Kompeten Berbahasa Indonesia Untuk SMA kelas XII
        Pengarang:
        Drs. Mafrukhi, M. Pd dkk
        Penerbit:
        Erlangga,
        Jumlah halaman:
        xi + 244 halaman
                                                                          



Buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dipahami sesuai dengan standar buku pelajaran. Isi disesuaikan dengan KTSP 2006. Buku ini hanya berisi materi-materi singkat namun diperjelas, sehingga bagi para siswa yang kurang suka membaca sangat cocok karena isinya tidak rumit.
Didalam buku ini terdapat 12 BAB yang tiap semesternya akan mempelajari 6 BAB,  dalam setiap bab nya siswa akan mampu menguasai keterampilan dalam berbahasa yaitu cara berbicara yang baik, membaca dengan lancar, menulis dengan benar, serta mendengarkan sesuatu dengan saksama. Setelah menguasai hal tersebut siswa diharapkan mampu menghadapi rintangan dalam berbahasa dikehidupan nyata saat ini yang telah memasuki era globalisasi.
Kelebihan  buku ini antara lain kertas yang digunakan bagus, artinya tidak seperti kertas daur ulang sehingga bacaan dapat dengan jelas dibaca dan dilengkapi dengan latihan soal pada tiap babnya sehingga siswa akan mampu menerapkan materi yang telah dipelajari dari bab tersebut. Siswa juga dapat mengevalusi tingkat pemahaman secara mandiri. Pada tiap buku terdapat dasar kompetensi dari materi yang akan diajarkan dan kompetensi dasar yang akan diterima siswa pada bab itu sehinggga memudahkan siswa dalam pembelajaran. Cara penyusunan buku ini cukup membantu dalam memahami materi, sedangkan Kelemahan buku ini adalah Pada setiap bab tidak diberikan rangkuman untuk mengingat kembali poin-poin materi yang telah dipelajari, padahal pada umumnya setiap buku memberikan rangkuman pada akhir bab. Dan tidak dilengkapi  dengan kunci jawaban untuk soal-soal yang ada diakhir bab, serta tidak adanya biografi dari pengarang buku ini.
Secara keseluruhan, buku ini layak untuk digunakan sebagai pedoman siswa dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia. Buku “ Bahasa Indonesia untuk SMA Kelas XII
memang sangat diperlukan sebagai bahan belajar untuk siswa SMA/MA kelas XII karena menyajikan bahan ajar yang sesuai dengan standar kompetensi pendidikan.


Nah itu tadi contoh resensi gua, jangan lupa untuk berkomentar yaa ✌✌

Post a Comment

2 Comments